6 Cara Mendapatkan Vaksin Covid

6 Cara Mendapatkan Vaksin Covid

Terpisah, Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah tengah menyiapkan regulasi untuk program vaksinasi mandiri, namun hanya difokuskan bagi perusahaan. Artinya, vaksin corona mandiri baru memungkinkan untuk dilaksanakan pada akhir April. Dalam penyuntikan vaksin Covid-19 di Kota Pontianak, akan ada 36 fasilitas kesehatan yang disediakan oleh Pemkot Pontianak.

Sementara vaksin COVID-19 Sinovac, jumlah dosisnya masih sama yaitu 0,5 ml per dosis. Pada vaksin COVID-19 AstraZeneca, dosis yang diberikan sebesar 0,5 ml per dosis. Dikutip dari laman resmi GOV UK, umumnya vaksin COVID-19 AstraZeneca-Oxford bisa memicu reaksi yang ringan hingga sedang.

Bagi kelompok prioritas yang akan mendapat vaksinasi free of charge, perlu memperhatikan cara mendapatkan vaksin COVID-19 sesuai Juknis dengan melakukan registrasi. Total ada 6 kelompok prioritas penerima vaksin, untuk yang pertama adalah paramedis, TNI, Polri, aparat hukum, dan pelayanan publik sebanyak 3,4 juta orang dengan complete kebutuhan 6,9 juta dosis. Seterusnya vaksin Covid-19 akan didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit. Adapun untuk mendapatkan vaksin virus corona, nantinya calon penerima vaksin Covid-19 akan mendapatkan SMS blast yang berisi notifikasi.

Namun pelaksanaan vaksinasi untuk petugas pelayan publik ini dan Lansia memang tidak bisa dilakukan sekaligus. Misalnya pedagang, itu didata dulu oleh dinas kesehatan kabupaten kota, wakil rakyat harus didata oleh institusinya, untuk tenaga pendidik bisa melalui PGRI, sedangkan media wartawan, bisa melalui PWI, AJI atau IJTI. Kemudian untuk pelayanan publik yang lainya bisa mendaftar diinstitusinya masing-masing dan disampaikan ke dinas kesehatan. Setelah itu baru dilaporkan ke dinas kesehatan provinsi Riau atau kabupaten kota.

Dimana kita bisa mendapatkan vaksin

Penetapan tempat vaksinasi Covid-19 melalui penilaian untuk vaksinasi, yang kemudian ditetapkan melalui SK Kepala Dinkes Kabupaten/Kota, serta menginput information ke aplikasi Pcare Vaksinasi. Bagi masyarakat yang tidak memiliki ponsel, ada cara lain untuk tetap bisa mendapat vaksin Covid-19. Fasilitas kesehatan menjadi wadah untuk mendapatkan vaksin Covid-19, utamanya untuk masyarakat lanjut usia.

Comments are closed.