Pentingnya Memiliki Jiwa Wirausaha Bagi Generasi Muda

Pentingnya Memiliki Jiwa Wirausaha Bagi Generasi Muda

Indonesia punya bahasa daerah dan budaya yang beragam, bangsa Indonesia memiliki keistimewaaan lebih dibanding bangsa lain. “ Berbeda – beda tapi satu jua” itulah kata yang tepat untuk bangsa Indonesia. menurut saya memang benar di dalam penggunaan bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi antardaerah, antarsuku bangsa dan masyarakat etnis, dan antarbudaya Indonesia. Mungkin Bahasa Indonesia juga akan semakin sempoyongan jika di dalam memanggul bebannya sebagai bahasa nasional dan identitas bangsa. Dalam kondisi demikian, diperlukan pembinaan dan pemupukan sejak dini kepada generasi muda agar mereka tidak mengikuti pembusukan itu.

Seiring berubahnya keadaan ekonomi karena pandemi, akan banyak pengusaha yang datang dengan ide baru dan kemampuan inilah yang akan membantu meyakinkan khalayak umum. Konsumsi serta kegiatan konsumsi merupakan hal berbeda namun masih berkaitan. Seorang negosiator harus memiliki sikap yang dinamis dalam menghadapi setiap permasalahan. Mereka dituntut untuk memiliki sikap inisiatif, solutif dan kreatif yang tinggi.

Sikap yang seharusnya kita miliki sebagai seorang pengusaha

Kriteria permintaan sumber daya manusia saat ini semakin beragam dan dinamis. Setiap karyawan atau calon karyawan tidak hanya dituntut untuk memiliki knowledge dan talent yang mumpuni, tetapi juga harus memilikiattitudeyang baik. Yang kedua adalah bisnis industry kreatif, meskipun menggunakan embel-embel”industri” namun bukan berarti bidang usaha ini hanya dapat dilakukan oleh para pengusaha besar yang memiliki modal yang kuat saja. Seharusnya tiap masyarakat mempunyai mental BOSS,dengan sebuah hal kecil yang INOVATIF, maka wirausaha dapat terwujud.

Memang betul seorang pengusaha harus memikirkan keputusannya secara matang terlebih dahulu sebelum menjadikannya sebuah keputusan yang last. Namun, dibutuhkan sebuah keberanian untuk mengambil langkah awal dalam mewujudkan ide kreatif dan inovatif tersebut untuk menjadi kenyataan. Sebagian orang menyebut tujuan ini sebagai “panggilan atau intuisi”. Dibutuhkan kepercayaan dari masyarakat agar suatu usaha atau bisnis yang dikelola oleh wirausahawan terus berkembang.

Jika kritik tersebut membangun dan baik buat perubahan diri Anda ke arah yang lebih baik, maka tidak ada salahnya jika Anda mendengar kritik tersebut untuk memotivasi Anda. Seorang yang mengkritik Anda belum tentu orang tersebut “toxic”, tetapi bisa saja orang tersebut justru memberikan dampak positif bagi kemajuan Anda. Seorang negosiator tidak akan terlepas dari aktivitas interaksi satu dengan yang lainnya. Sehingga ia harus memiliki sikap positif sehingga akan mengarahkan hasil negosiasi yang positif pula. Di dalam sebuah perusahaan, aktivitas negosiasi merupakan pekerjaan yang paling penting guna untuk menjalin hubungan bisnis yang lebih luas. Sebuah negosiasi dalam bisnis perusahaan dimanfaatkan untuk mengembangkan pasar, yang diharapkan dapat memberikan peningkatan pada penjualan.

Comments are closed.