5 Cara Menabung Efektif Untuk Milenial

5 Cara Menabung Efektif Untuk Milenial

Jika tidak mengalami kendala selama ini untuk beraktivitas dengan kendaraan umum, mungkin belum mendesak untuk membeli motor atau mobil. Nah, contohnya dalam kasus ini kita pilih biaya menikah dan membeli laptop computer baru sebagai prioritas utama. Demi masa depan yang sejahtera, ataukah Anda bermaksud meminang si dia atau bisa juga demi memiliki rumah sendiri.

Dengan menabung, berarti Anda sedang mengumpulkan pundi-pundi untuk persiapan masa depan. Namun bagi mereka yang bergaji pas-pasan, menabung jadi suatu yang sulit untuk dilakukan. Padahal menabung seharusnya dijadikan prioritas bagi siapa pun. Sebab dengan adanya tabungan di rekening, Anda akan memiliki kesiapan dana darurat yang sewaktu-waktu pasti akan dibutuhkan. Misalnya untuk biaya anak masuk kuliah, untuk membeli aset, untuk kehidupan di masa pensiun, untuk biaya pengobatan, dan untuk kebutuhan lainnya. Tak dapat dipungkiri bahwa gaya hidup yang berlebihan rentan membuat seseorang jadi kesulitan menabung.

Anda kapan pun dapat menarik uang tunai dari ATM atau mentransfer dana untuk membayar berbagai tagihan dari tabungan. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan penghasilan. Misalnya saja dengan mencari pekerjaan sampingan dengan menjadi pekerja lepas atau mulai membangun bisnis Anda sendiri. Jika Anda cukup jeli, tidak sulit melihat peluang-peluang seperti ini. Mereka mengabdikan sebagian besar waktu untuk mencari tahu, belajar, dan menemukan bagaimana mengelola uang, sehingga membuat uang yang bekerja untuk mereka. Selain itu, mereka terfokus pada pengembalian investasi bukan terpaku pada berapa banyak uang yang akan mereka hasilkan.

Dalam perencanaan keuangan, sebaiknya menabung minimal 10% dari penghasilan bulanan. Jika menabung kurang dari 10%, maka keuanganmu masuk dalam kategori tidak sehat dan harus segera melakukan penghematan. Jika Anda termasuk orang yang memiliki penghasilan di luar pekerjaan utama, pisahkan pendapatan-pendapatan itu di rekening yang berbeda. Meski begitu, menabung tetap harus dilakukan untuk menjaga finansial menjadi lebih baik dankondisi keuangan di masa depan tetap aman.

Ladies pun sangat bisa mendapatkan rumah dengan cara menabung pada aset yang berharga seperti emas. Dengan menabung emas, tentunya harganya akan naik seiring waktu. Emas memang bisa turun namun tidak akan seanjlok harga cabai, loh. Selain itu, emas akan jadi potensi alat investasi yang berumur panjang dan tidak akan tergerus oleh zaman seperti model investasi lainnya.

Kamu bisa menyesuaikan dengan uang saku dan kebutuhanmu setiap bulan. Kalau masih susah mengatur keuangan walaupun sudah mencatat pengeluaran dan pemasukan, kamu bisa mengakalinya dengan membuat target maksimal bulanan atau mingguan. Tips menabung selanjutnya – tentukan goal pengeluaranmu dalam jangka waktu tertentu. Misal, goal pengeluaran dalam sehari, seminggu, maupun satu bulan.

Tips untuk menabung

Lakukan autodebit, atau pemotongan langsung agar uang tidak habis dengan segera. Misalkan, setiap sampai rumah setelah beraktifitas seharian langsung cek dompet kamu. Sediakan celengan dengan ukuran yang cukup besar, karena uang recehan lumayan memakan tempat. Jangan anggap remeh uang receh, kamu pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Sudah tidak asing di telinga kita jika kita diharuskan semenjak kecil untuk MENYISIHKAN uang jajan untuk ditabung. Jika Anda ingin memiliki masa depan yang cerah, terutama sukses dalam keuangan, menabung harus menjadi sebuah prioritas. Setelah tahu berapa jumlah pengeluaran yang harus dipenuhi dan pemasukan yang dimiliki. Langkah selanjutnya tentu saja merencanakan sebagian sisa dana yang dimiliki untuk ditabung.

Kamu mungkin termasuk salah satu orang yang konsumtif, namun jangan dulu menyerah hanya karena nggak bisa mengatur keuangan. Ini juga bisa mencari cara seru dan unik lainnya untuk menabung. Caranya, cukup cek isi dompet kamu setiap hari, temukan uang kertas dengan nominal terkecil di dalamnya, dan masukkan ke dalam celengan. Sebaiknya, kamu juga menentukan pada jam berapa kamu akan mengecek dompet dan menabung uang di celengan setiap harinya.

Gampangnya, kamu nggak perlu bekerja keras untuk mendapatkan uang dan menyisihkan uang. Sulitnya ialah ketika kamu harus menjaga diri dan keinginanmu untuk jajan, berbelanja, jalan-jalan dan sebagainya. Anda yang ingin beli rumah dengan cepat tentu wajib menjaga kedisiplinan dan komitmen yang telah dibuat. Mengingat harga rumah yang terus mengalami peningkatan, maka mulailah menabung sekarang juga. Jangan ragu untuk meminta dukungan dari anggota keluarga yang lain sehingga Anda lebih semangat dalam menabung. Anak tentu identik dengan segala hal yang dapat menarik perhatiannya secara psikis.

Comments are closed.